Pengembangan Bahan Ajar Fisika yang Terintegrasi Nilai-nilai Ayat Al-Quran pada Materi Gerak untuk Pembelajaran Siswa Kelas X SMA.

Mardayan, Sri (2013) Pengembangan Bahan Ajar Fisika yang Terintegrasi Nilai-nilai Ayat Al-Quran pada Materi Gerak untuk Pembelajaran Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SRI_MARDAYANI_96896_823_2013.pdf] Text
B1_5_SRI_MARDAYANI_96896_823_2013.pdf

Download (876kB)

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut siswa aktif dalampembelajaran, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator. Sebagai fasilitatorguru harus menfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran, salah satunya denganmenyediakan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Bahan ajar Fisikayang terintegrasi nilai-nilai ayat Al-Quran belum dikembangkan sedangkan dalamproses pembelajaran Fisika guru sudah menggunakan silabus yang terintegrasinilai-nilai ayat Al-Quran. Pengintegrasian nilai-nilai ayat Al-Quran ke dalambahan ajar Fisika akan membuat pembelajaran lebih bermakna karena siswa tidakhanya memahami materi Fisika saja tetapi siswa juga dapat merasakan keagunganb SWT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas,praktikalitas, dan efektifitas bahan ajar Fisika yang terintegrasi nilai-nilai ayat AlQuran pada materi gerak untuk pembelajaran siswa kelas X SMA.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Bahan ajar inidikembangkan dengan menggunakan four-D models, namun tahap disseminatetidak dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validitas dan uji cobaterbatas bahan ajar yang dikembangkan. Rancangan bahan ajar yang telahdidesain, divalidasi oleh empat orang ahli, kemudian di uji coba secara terbatas dikelas X.1 SMA Negeri 3 Payakumbuh untuk mengetahui praktikalitas danefektivitas bahan ajar yang dikembangkan.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasilpenelitian. Pertama, bahan ajar Fisika yang terintegrasi nilai-nilai ayat Al-Quranpada materi gerak memiliki validitas sangat valid dengan nilai rata-rata daritenaga ahli 82,3. Kedua, nilai hasil uji coba terbatas menunjukkan bahan ajarFisika yang terintegrasi nilai-nilai ayat Al-Quran pada materi gerak sangat praktisdan efektif digunakan di dalam pembelajaran. Nilai praktikalitas bahan ajarmenurut guru Fisika sebagai praktisi adalah 91,5, sedangkan nilai praktikalitasmenurut siswa adalah 93,7. Ketiga, nilai keefektifan bahan ajar ditunjukkan olehnilai rata-rata angket yang diisi siswa sebesar 90,4 dan terjadi peningkatan hasilbelajar Fisika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR FISIKA, NILAI-NILAI AYAT AL-QURAN,MATERI GERAK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:53
Last Modified: 18 Jul 2025 09:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15741

Actions (login required)

View Item
View Item