Effendi, Veny (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Audio Video Pada Mata Diklat Keterampilan Dasar Elektronika di SMK N 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VENI_EFFENDI_16430_4890_2014.pdf [thumbnail of B1_5_VENI_EFFENDI_16430_4890_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VENI_EFFENDI_16430_4890_2014.pdf
Download (867kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di
SMK Negeri 1 Lintau, yaitu banyaknya siswa kelas X.TAV yang memperoleh
hasil belajar di bawah KKM pada mata diklat Keterampilan Dasar Elektronika
yang ditetapkan sekolah yaitu 80. Yaitu 65,39 % siswa dibawah KKM dan 34,61
% siswa di atas KKM. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu model
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar
dengan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian
ini adalah siswa kelas X.TAV SMK Negeri 1 Lintau Buo. Teknik pengambilan
sampel yaitu sampel jenuh. Kelas eksperimen menggunakan Pembelajaran
Kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung.
Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif. Data yang diperoleh
dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang menggunakan
Pembelajaran Kooperatif tipe STAD yaitu 78,13 sementara siswa yang
menggunakan metode pembelajaran langsung yaitu 68,26. Hasil hipotesis
menggunakan rumus secara manual di dapat thitung 2,311 > ttabel 1,701,
sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD, PEMBELAJARAN LANGSUNG, KONTROL DAN EKSPERIMEN. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15738 |