Fendras, Gina Febrianti (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 01 Padang Sago. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_GINA_FEBRIANTI_FENDRAS_57008_3011_2016.pdf [thumbnail of B1_6_GINA_FEBRIANTI_FENDRAS_57008_3011_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_GINA_FEBRIANTI_FENDRAS_57008_3011_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru, yakni guru masih kurang dapat
menentukan metode mengajar yang efektif untuk dapat memberikan pengalamn
langsung pada sisiwa dalam pembelajaranPKn.Untuk mengatasi permasalahan
tersebut digunakan metode bermain peran. Langkah-langkah yang digunakan
dalam model ini terdiri dari 3 langkah yakni persiapan dan instruksi, tindakan
dramatik dan diskusi, dan evalusi bermain peran.Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran
dan peningkatan hasil belajar PKn.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi:
1)perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian
berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru data aktivitas siswa dan tes
hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa di kelas V SDN 01
Padang SagoKabupaten Padang Pariaman, yang berjumlah 15 orang siswa.
Hasil penelitian siklus I belum mencapai sebagaimana hasil yang
diharapkan, namun pada siklus II anak sudah menghayati perannya masingmasing.
Hal ini tergambar dari hasil pada siklus I pada RPP rata-rata73% dengan
kualifikasi cukup, sedangkan untuk siklus II rata-ratanya 82% dengan kualifikasi
baik. Untuk aktivitas guru pada siklus I rata-rata65,9% dengan kualifikasi kurang,
dan aktivitas siswa 54,3% dengan kualifikasi kurang, namun pada siklus II
aktivitas guru rata-rata 86,3% dengan kualifikasi baik dan aktivitas siswa 84,1%
dengan kualifikasi baikPada siklus I hasil belajar siswa rata-rata 63,8 dengan
kualifikasi kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 77,9 dengan kualifikasi
cukup. Dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan hasil
belajar PKn di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15736 |