Rahmi, Fadhilah (2012) Pengaruh Pendekatan Inkuiri dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kec. Lareh Sago Halaban. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_FADHILAH_RAHMI_86202_984_2012.pdf [thumbnail of B1_4_FADHILAH_RAHMI_86202_984_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_FADHILAH_RAHMI_86202_984_2012.pdf
Download (243kB)
Abstract
Kurang tepatnya strategi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru
menyebabkan siswa tidak termotivasi dalam belajar, pada akhirnya menyebabkan
nilai rata-rata biologi siswa rendah dan masih di bawah KKM, yakni 65.
Rendahnya hasil belajar menuntut guru untuk memilih srategi pembelajaran yang
tepat, diantaranya dengan pendekatan inkuiri pada model pembelajaran kooperatif
tipe TPS. Dengan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan
pemahaman siswa dalam pembelajran biologi sehingga berpengaruh terhadap
hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
inkuiri dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar biologi
Siswa Kelas VIII Semester 1 SMPN 1 Kec. Lareh Sago Halaban Tahun Pelajaran
2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian
Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh Siswa Kelas VIII Semester 1 SMPN 1 Kec. Lareh Sago Halaban Tahun
Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
Random Sampling. Dengan teknik ini didapatkan kelas eksperimen dan kelas
kontrol yaitu VIII.6 dan kelas VIII.4. Instrumen yang digunakan berupa tes
objektif sebanyak 35 buah yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji-t dengan kriteria thitung>ttabel
hipotesis kerja diterima.
Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 74,88 dan
kelas kontrol 69,49. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95%
(α=0,05) didapatkan harga thitung 2,25 dan harga ttabel adalah 1,68. Dengan
demikian thitung>ttabel, yang berarti hipotesis kerja dapat diterima dan dapat
disimpulkan bahwa pendekatan inkuiri dalam model pembelajaran TPS
berpengaruh positif pada taraf signifikan 0,05 terhadap hasil belajar Biologi Siswa
Kelas VIII SMPN 1 Kec. Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15729 |