Karakteristik Belajar Siswa Terisolir

Wartini, Wartini (2012) Karakteristik Belajar Siswa Terisolir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WARTINI_04227_1266_2013.pdf] Text
B1_5_WARTINI_04227_1266_2013.pdf

Download (376kB)

Abstract

Siswa terisolir tidak punya teman dalam belajar, sulit bergaul dengan teman dan lingkungan. Kesulitan tersebut ditunjukkan dalam berbagai masalah sehingga membuat siswa dijauhi dan tidak disukai oleh teman–temannya serta
akhirnya membuat mereka menjadi terisolir di kelas/di sekolah.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik belajar siswa yang terisolir dan bentukbentuk
layanan apa yang dapat diberikan oleh guru bimbingan dan konseling (guru BK) dalam mengatasi siswa yang terisolir dalam belajar di SMP N 2 Pulau Punjung. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian tiga orang siswa yang terisolir dalam belajar. Alat yang digunakan untuk mengumpul data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan studi dokumentasi. Setelah semua data di lapangan terkumpul diolah, dideskripsikan dan dianalisis
serta dinarasikan secara kualitatif. Dari ketiga subjek yang diteliti ternyata semua subjek termasuk ke dalam
karakteristik belajar siswa yang terisolir diantaranya adalah penampilan dan perbuatan, kemampuan berfikir, sikap, sifat dan perasaan, pribadi, aspek lainnya,sebagaimana yang tergambar dalam hasil penelitian tentang karakteristik belajar terisolir yang lebih khususnya membahas tentang penampilan dan perbuatan,kemampuan berfikir, sikap, sifat dan perasaan, pribadi dan aspek lainnya dapat
diketahui ketiga subjek memiliki perbedaan dan kesamaan dalam karakteristik belajar. Pelayanan konseling yang dapat diberikan kepada siswa terisolir dalam belajar disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis bantuan yang diberikan sifatnya
komprehensif sesuai dengan perbedaan karakteristik mereka.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan maka disarankan: 1)Kepada ketiga subjek penelitian hendaknya tidak berputus asa, bersosialisasi memperbaiki diri, dapat menerima dirinya secara positif dan dinamis, dapat mengenal diri dan lingkungan dalam menjalani tugas sebagai siswa. 2) Kepada guru mata pelajaran SMP N 2 Pulau Punjung agar lebih meningkatkan perhatian khusus terhadap siswa. 3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengadakan penelitian selanjutnya tentang karakteristik belajar siswa terisolir
dalam hal: bakat, penyesuain diri dengan lingkungan dan pemahaman diri siswa terisolir.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:50
Last Modified: 18 Jul 2025 09:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item
View Item