Pengaruh Penggunaan LKS dilengkapi Catatan Tulis Susun dalam Pembelajaran IPA terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang

Ulvasiah, Sovia (2014) Pengaruh Penggunaan LKS dilengkapi Catatan Tulis Susun dalam Pembelajaran IPA terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SOVIA_ULVASIAH_05062_26_2015.pdf] Text
B1_5_SOVIA_ULVASIAH_05062_26_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar siswa SMPN 31 Padang belum optimal, disebabkan catatansiswa tidak rapi dan tidak teratur, sehingga siswa kurang terbiasa untuk berpikirsistematis. Hal ini mengidentifikasikan bahwa teknik pencatatan yang digunakansiswa kurang tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu siswamemecahkan permasalahan belajar adalah dengan menerapkan teknik mencatatefektif yaitu catatan tulis susun. Berdasarkan hal di atas telah dilakukan penelitianyang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS dilengkapi CatatanTulis Susun dalam pembelajaran IPA terhadap kompetensi siswa kelas VIIISMPN 31 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasiExperimental) dengan jenis rancangan Randomized Control Group OnlyDesign. Populasi adalah siswa kelas VIII SMPN 31 Padang yang terdaftar padatahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik clusterrandom sampling. Data penelitian meliputi hasil belajar pada ranah kognitif,afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa lembaran tes tertulis untukhasil belajar ranah kognitif, lembaran observasi untuk hasil belajar ranah afektif,dan lembaran daftar cek untuk penilaian unjuk kerja ranah psikomotor. Analisisdata untuk hasil belajar ranah kognitif dilakukan dengan uji kesamaan dua ratarata.Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen88,30 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 79,91. Hasil belajar pada ranah afektifdidapatkan rata-rata kelas eksperimen 75,21 dan kelas kontrol 65,03, sedangkanhasil belajar pada ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 89,34lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol 82,13. Setelah dilakukan ujihipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaanLKS dilengkapi catatan tulis susun terhadap hasil belajar IPA terhadapkompetensi siswa kelas VIII SMPN 31 Padang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN LKS, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:49
Last Modified: 18 Jul 2025 09:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15722

Actions (login required)

View Item
View Item