Chairul, Vebby (2013) Kontribusi Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 2 Batang Kapas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VEBBY_CHAIRUL_00667_3280_2013.pdf [thumbnail of B1_5_VEBBY_CHAIRUL_00667_3280_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VEBBY_CHAIRUL_00667_3280_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada siswa kelas X TIK di SMA N 2 Batang Kapas., karena lebih 50% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Kontribusi Sarana Prasarana Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Di SMA Negeri 2 Batang Kapas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi sarana prasarana terhadap hasil belajar, 2) terdapat kontribusi motivasi siswa terhadap hasil belajar, 3) terdapat kontribusi sarana prasarana dan motivasi siswa secara bersama – sama terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 59 responden siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas.
Teknik pengambilan sampel berdasarakan karakteristik tertentu (simple random sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran TIK, data ini merupakan cerminan hasil belajar TIK. Sedangkan data sarana prasarana dan motivasi siswa dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasi dan regresinya.
Hasil analisis data menunjukkan : 1) sarana prasarana memberikan kontribusi sebesar 29.10% terhadap hasil belajar siswa, 2) motivasi belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 22,55% terhadap hasil belajar siswa, 3) sarana prasarana dan motivasi belajar siswa secara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 42,12%% terhadap hasil belajar pada siswa kelas X SMA N 2 Batang Kapas.
Hal ini berarti bahwa sarana prasarana dan motivasi siswa mempengaruhi hasil belajar, semakin lengkap sarana prasarana dan semakin tinggi motivasi siswa dalam proses belajar mengajar, maka hasil belajar akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SARANA PRASARANA, MOTIVASI SISWA, HASIL BELAJAR. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15718 |