Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas IV SDN 48 Payakumbuh

Safitri, Geni (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas IV SDN 48 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_GENI_SAFITRI_17129140_2357_2021.pdf] Text
B1_6_GENI_SAFITRI_17129140_2357_2021.pdf

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih
rendah, hal ini terlihat pada guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk memecahkan masalah nyata yang ada disekitarnya dan guru belum
mengembangkan model pembelajaran yang bervariasi yang mengakibatkan
peserta didik kurang berminat mengindentifikasi masalah dan kurangnya
keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat, sehingga hasil belajar
peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan Peningkatan
Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan
Model Two Stay Two Stray Di Kelas IV SDN 48 Payakumbuh.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan
dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan
siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil belajar.
Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 48
Payakumbuh.
Hasil penelitian menunjukkan: penilaian RPP siklus I yaitu 83,33% (baik)
dan siklus II 94,44% (sangat baik). Penilaian aktivitas guru siklus I yaitu 82,81%
(baik) dan siklus II 96,87% (sangat baik). Penilaian aktivitas peserta didik yaitu
82,81% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada
siklus I diperoleh rata-rata 78,35 (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu
diperoleh rata-rata 84,94 (baik). Dapat disimpulkan bahwa model two stay two
stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu di kelas IV SDN 48 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEMATIK TERPADU, MODEL TWO STAY TWO STRAY, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:44
Last Modified: 18 Jul 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item
View Item