Simarmata, Gemma Suriani (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas VI SD RK II Fransiskus Kecamatan Padang Barat Kodya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_GEMMA_SURRIANI_SIMARMATA_50709_2332_2012.pdf [thumbnail of B1_6_GEMMA_SURRIANI_SIMARMATA_50709_2332_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_GEMMA_SURRIANI_SIMARMATA_50709_2332_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajran IPA masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa dalam proses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan mengunakan model analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD RK II Fransiskus Padang terdiri dari 20 siswa. Instrument penelitian berupa observasi, tes hasil belajar, dan foto dokumentasi.
Hasil kualitatif secara bertahap mencapai kategori baik pada akhir siklus II, sedangkan hasil kualitatif dapat dilihat pada: (a) rata – rata skor aspek afektif siklus I 64,68% kriteria cukup. Selanjutnya, nilai tes meningkat menjadi 80,95% pada siklus II dengan kriteria sangat baik, (b) Rata – rata skor aspek psikomotor siklus I dengan nilai 67,32% kriteria cukup, meningkat pada siklus II menjadi 82,38% kriteria sangat baik, (c) Rata – rata nilai aspek kognitif siklus I dengan nilai 68% dan 11 orang siswa (55%) mencapai ketuntasan minimal, siklus II meningkat menjadi 76,5% dengan 16 orang siswa (80%) mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Dengan demikian hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode eksperimen.
i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:41 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15697 |