Gemelliyani,, Gemelliyani, (2011) Peningkatan Kemampuan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 28 Jorong Nan Tigo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_GEMELLiYANI_09829_1351_2012.pdf [thumbnail of B1_6_GEMELLiYANI_09829_1351_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_GEMELLiYANI_09829_1351_2012.pdf
Download (551kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Menyanyikan
Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan Metode Demonstrasi pada siswa kelas
V SD Negeri 28 Jorong Nan Tigo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir
Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif kualitatif. Subjek dalam penelitian tindakan
kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 28 Jorong Nan Tigo Kecamatan Batang
Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
pencatatan lapangan, Observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data
dilakukan dengan analisis data Kualitatif data Kuantitatif.
Berdasarkan data hasil penelitian, dipeoleh kemampuan siswa dalam
menyanyikan lagu Indonesia Raya dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak
11%, hal itu dapat dilihat dari nilai ketuntasan yang diperoleh pada siklus I
pertemuan I yaitu 38 %, pada siklus I pertemuan II nilai ketuntasan yang
diperoleh 49 % dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97%, hal ini
membuktikan bahwa metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan
kemampuan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada siswa kelas V
SD Negeri 28 Jorong Nan Tigo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir
Selatan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:40 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15693 |