Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Kelas XI IPA Di SMA N 3 Padang

Rusydi, Wahyu Ikhwanul (2011) Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Kelas XI IPA Di SMA N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WAHYU_IKHWANUL_RUSYDI_94258_2011.pdf] Text
B1_5_WAHYU_IKHWANUL_RUSYDI_94258_2011.pdf

Download (293kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 3 Padang hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) masih dibawah rata-rata dan penelitian ini juga berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa
pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru , salah satunya yaitu Metode Quantum Teaching . Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen
untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Quantum Teaching dan metode konvensional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMA N 3 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/ 2011 dan teknik dalam penentuan sampel adalah purposive random sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas XI IPA 3 yang menggunakan Metode Quantum Teaching sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 4 yang menggunakan metode konvensional sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua
rata-rata (uji T). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan Metode Quantum Teaching memiliki nilai rata-rata sebesar 77,7 lebih tinggi jika
dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional yang memiliki nilai rata-rata 71,33. Sedangkan dari perhitungan uji T diperoleh Thitung adalah 11,18. dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat
diterima pada taraf kepercayaan 97,5%. Hal ini disebabkan karena pada kelas eksperimen siswa dibimbing untuk dapat mengembangkan kemampuan dan potensinya. Kegiatan ini mengakibatkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya
akan bertahan lama. Pada kelas kontrol siswa lebih banyak sebagai penerima informasi dan guru telah mengemas pesan yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:40
Last Modified: 18 Jul 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15690

Actions (login required)

View Item
View Item