Asmirani, Urai (2013) Pengaruh LKS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat terhadap Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran IPA Fisika di Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_URAI_ASMIRANI_87121_1112_2013.pdf [thumbnail of B1_5_URAI_ASMIRANI_87121_1112_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_URAI_ASMIRANI_87121_1112_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada masih rendahnya hasil belajar fisika siswa di
sekolah. Beberapa penyebab rendahnya hasil belajar antara lain kurang
dilibatkannya siswa dalam proses pembelajaran, sehingga mereka kurang aktif dan
kreatif. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah melibatkan siswa melalui
penggunaan LKS berbasis Sains Teknologi Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menyelidiki pengaruh LKS berbasis Sains Teknologi Masyarakat
terhadap kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA Fisika di kelas VIII SMPN 1
Kubung Kabupaten Solok.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Randomized Control
Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas
VIII SMPN 1 Kubung yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel
ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh adalah
siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 4 sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah
kognitif, lembar observasi untuk mengukur ranah afektif, dan rubrik penskoran
untuk mengukur ranah psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan
uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah
psikomotor.
Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan dua buah hasil penelitian ini.
Pertama, kompetensi siswa dalam pembelajaran menggunakan LKS berbasis Sains
Teknologi Masyarakat pada ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor
masing-masing, ranah kognitif adalah 76,30, 75,46, dan 75,67. Kedua, penggunaan
LKS berbasis Sains Teknologi Masyarakat dalam pembelajaran fisika memberikan
pengaruh yang berarti terhadap kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA Fisika
SMPN 1 kubung kab. Solok pada tarap kepercayaan 95% untuk ranah kognitif,
ranah afektif, dan ranah psikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15685 |