Kontribusi Motivasi Belajar dan Interaksi Belajar dalam Praktek terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X Jurusan Multimedia SMK N 2 Guguak.

Lora, Sofia (2014) Kontribusi Motivasi Belajar dan Interaksi Belajar dalam Praktek terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X Jurusan Multimedia SMK N 2 Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SOFIA_LORA_00587_5439_2014.pdf] Text
B1_5_SOFIA_LORA_00587_5439_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi motivasi belajar daninteraksi belajar dalam praktek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranDesain Grafis kelas X Jurusan Multimedia di SMK N 2 Guguak. Jenis penelitianini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 58 orang dansampel berjumlah 37 orang siswa kelas X Jurusan Multimedia SMK N 2 GuguakTahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak(Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mataPelajaran Desain Grafis SMK Negeri 2 Guguak. Sedangkan data motivasi belajardan Interaksi belajar dalam praktek dikumpulkan melalui angket denganmenggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel2007 dan SPSS Version 16.0. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Motivasibelajar dan interaksi belajar dalam praktek secara bersama-sama memberikankontribusi sebesar 40,4% terhadap hasil belajar siswa jurusan Multimedia SMK N2 Guguak pada mata pelajaran Desain Grafis Tahun Ajaran 2013/2014; (2)Motivasi Belajar Dalam Praktek memberikan kontribusi sebesar 12,60% terhadaphasil belajar siswa jurusan Multimedia SMK N 2 Guguak pada mata pelajaranDesain Grafis Tahun Ajaran 2013/2014; (3) Interaksi Belajar Dalam Praktekmemberikan kontribusi sebesar 22,66% terhadap hasil belajar siswa jurusanMultimedia SMK N 2 Guguak pada mata pelajaran desain Grafis Tahun Pelajaran2013/2014. Jadi dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar dan Interaksi BelajarDalam Praktek berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi motivasibelajar dalam proses belajar mengajar dan semakin baik Interaksi Belajar DalamPraktek, maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, INTERAKSI BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:32
Last Modified: 18 Jul 2025 07:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15667

Actions (login required)

View Item
View Item