Peningkatan Kematangan Emosi Anak Bungsu Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen di MTsN Gurun Panjang Kab.Pesisir Selatan)

Alfath, Annajmi (2015) Peningkatan Kematangan Emosi Anak Bungsu Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen di MTsN Gurun Panjang Kab.Pesisir Selatan). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ANNAJMI_ALFATH_18041_595_2015.pdf] Text
B1_5_ANNAJMI_ALFATH_18041_595_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang bertujuan mendewasakan anak didik, sehingga mereka dapat mencapai tugas perkembangan yang optimal. Tugas perkembangan yang ingin dicapai diantaranya adalah dicapainya kematangan emosi. Pada kenyataannya tidak semua siswa dapat mencapai kematangan emosinya dengan baik, khususnya anak bungsu. Berdasarkan fenomena yang ada di MTsN Gurun Panjang dapat diketahui bahwa beberapa anak bungsu belum melihatkan kematangan emosinya, mereka masih belum bisa mengendalikan emosi bahkan emosi mereka cenderung tidak terkendali ketika bermasalah dengan temannya. Melalui bimbingan kelompok diharapkan kematangan emosi anak bungsu dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan layanan bimbingan kelompok meningkatkan kematangan emosi anak bungsu.
Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan teknik one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak bungsu, ditetapkan dengan pertimbangan himpunan data yang dimiliki oleh guru BK di sekolah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berskala. Data dianalisis dengan teknik Wilcoxon signed rank test dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.
Dari hasil penelitian menunjukkan tingkat kematangan emosi anak bungsu sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori cukup dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kematangan emosi anak bungsu sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok sangat efektif untuk meningkatkan kematangan emosi anak bungsu dalam keluarga. Oleh karena itu, disarankan pada pihak-pihak terkait untuk membantu peningkatan kematangan emosi lebih lanjut melalui layanan-layanan bimbingan dan konseling, terutama layanan bimbingan kelompok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:29
Last Modified: 18 Jul 2025 03:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item
View Item