Hubungan Sosial Penjualan Kondom Plus di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa di Kota Padang)

Anggraini, Sari Mulya (2016) Hubungan Sosial Penjualan Kondom Plus di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa di Kota Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SARI_MULYA_ANGGRAINI_1101781_1872_2016.pdf] Text
B1_4_SARI_MULYA_ANGGRAINI_1101781_1872_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kondom dapat diperoleh di apotik, mini market maupun supermarket,
namun karena mahasiswa merasa malu dan takut untuk membeli secara langsung
ke tempat tersebut, saat ini kondom dapat diperoleh di kalangan mahasiswa.
Penjualan kondom di kalangan mahasiswa di Kota Padang berdasarkan penelitian
dimulai pada tahun 2012. Aktor utama dalam pengedaran ini semuanya adalah
mahasiswa. Pengedaran ini terfikirkan olehnya bermula dari teman yang kesulitan
dalam mendapatkan kondom. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh segelintir
mahasiswa tersebut untuk mendapatkan uang dengan cara menjual kondom secara
langsung kepada temannya tanpa harus ke apotik, dengan memanfaatkan
hubungan sekampung yang dimilikinya dapat mempermudah dalam mendapatkan
kondom dan menyebarluaskannya. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan bentuk hubungan pengedaran kondom di kalangan
mahasiswa dan menjelaskan cara yang dilakukan pengedar untuk
mempertahankan hubungannya dengan pengguna kondom, sesama pengedar
kondom dan distributor yang membuat perkembangan kondom semakin
berkembang di kalangan mahasiswa di Kota Padang.
Teori untuk menganalisis penelitian ini adalah teori pertukaran dari
George Caspar Homans. Pokok teori yang dikemukakan oleh Homans ini adalah
tujuan dasar prilaku manusia adalah tujuan ekonomis untuk memperbesar
keuntungan (profit), memperoleh imbalan (reward), menghindari ganjaran
(punishment) serta mempertimbangkan biaya (costs).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus
intrinsik. Teknik pemilihan informan dengan teknik snawball sampling. Jumlah
informan secara keseluruhan adalah 26 orang. Data dikumpulkan dengan teknik
wawancara, dan observasi. Wawancara yang dilakukan menggunakan teknik
wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan menggunakan tipe observasi
partisipasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hubungan sosial penjualan
kondom plus di kalangan mahasiswa diungkapkan dalam empat bentuk hubungan
yaitu: (1) hubungan pertemanan, (2) hubungan bisnis, (3) hubungan saling
menguntungkan, (4) hubungan saling percaya. Hubungan di atas merupakan
bentuk-bentuk hubungan yang terbentuk dari pengedaran kondom plus di
kalangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:31
Last Modified: 18 Jul 2025 07:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item
View Item