Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Padang

Salamah, Wahda (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WAHDA_SALAMAH_1205641_3947_2016.pdf] Text
B1_5_WAHDA_SALAMAH_1205641_3947_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kompetensi IPA siswa adalah rendahnya pemahaman siswa dalam memahami konsep pada materi pembelajaran IPA. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang menunjang untuk meningkatkan kompetensi siswa. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu strategi pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar VAK (visual, auditori, kinstetik) yang akan mendukung tercapainya seluruh kompetensi siswa baik dari
aspek pengetahuan, sikap religius, sikap sosial, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual
berbasis gaya belajar VAK (visual, auditori, kinestetik) terhadap pencapaian kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 34 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk aspek pengetahuan, lembar observasi untuk
aspek sikap religius dan sikap sosial, dan lembar penilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan, sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan pada kelas eksperimen masing-masing 80.86; 80.8; 82.7; 86.1 dan pada kelas kontrol masingmasing
73.95; 78.5; 78.7; 79.2. Harga penerimaan H o yaitu (�
1� 1 Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa kompetensi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji kesamaan dua rata-rata dengan taraf nyata 0.05 dengan harga t’ pada kompetensi pengetahuan, sikap spiritual, social dan
keterampilan sebesar 3.8186; 2.224; 3.3987; 3.316 sedangkan untuk nilai ⁄) yaitu 2.0792; 6.575; 5.0372; 1.593. Berdasarkan hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis gaya belajar VAK (visual, auditori, kinstetik)
terhadap pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan di SMP Negeri 34 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:29
Last Modified: 18 Jul 2025 03:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15656

Actions (login required)

View Item
View Item