Nurhamida, Nurhamida (2019) Tindak Tutur Ekspresif dan Strategi Bertutur Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NURHAMIDA_15016068_5557_2019.pdf [thumbnail of B1_01_NURHAMIDA_15016068_5557_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NURHAMIDA_15016068_5557_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur
ekspresif bahasa Indonesia pada kegiatan diskusi siswa SMP Negeri 13 Padang,
(2) mendeskripsikan strategi bertutur dalam tindak tutur ekspresif bahasa
Indonesia pada kegiatan diskusi siswa SMP Negeri 13 Padang, (3)
Mendeskripsikan fungsi tuturan ekspresif bahasa Indonesia pada kegiatan diskusi
siswa SMPN 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak. Teknik
pengumpulan data adalah teknik perekaman. Peneliti merekam seluruh data dari
awal sampai akhir PBM. Teknik untuk menganalisis data sebagai berikut. (1)
mentranskripkan data hasil rekaman ke dalam bahasa tulis, (2) mengidentifikasi
data tindak tutur ekspresif yang digunakan pada saat diskusi berlangsung, (3)
mengklasifikasikan data berdasarkan bentuk tindak tutur ekspresif dan strategi
bertutur, dan (4) menarik kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan
sebagai berikut. Terdapat enam bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan
siswa dalam diskusi, yaitu tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih,
tindak tutur ekspresif memohon maaf, tindak tutur ekspresif memuji, tindak tutur
ekspresif mengkritik, tindak tutur ekspresif marah, tindak tutur ekspresif
mengeluh. Keenam bentuk tindak tutur ekspresif tersebut dituturkan dengan
menggunakan empat strategi bertutur, yaitu berterus terang tanpa basa-basi,
bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur terus terang
dengan basa-basi kesantunan negatif, dan bertutur samar-samar. Tindak tutur yang
paling banyak digunakan adalah tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih
dan yang paling sedikit digunakan adalah tindak tutur ekspresif memuji. Strategi
bertutur terus terang tanpa basa-basi lebih banyak digunakan dalam tuturan
mengucapkan terima kasih agar tuturan tidak terkesan main-main. Fungsi tuturan
ekspresif yang digunakan siswa bahasa Indonesia dalam diskusi adalah fungsi
tuturan ekspresif mengucapkan terima kasih, fungsi tuturan ekspresif memohon
maaf, fungsi tuturan ekspresif memuji, fungsi tuturan ekspresif mengkritik, fungsi
tuturan ekspresif marah, dan fungsi tuturan ekspresif memgeluh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 01:14 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 01:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1565 |