Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012

Rahmawati, Ulfa (2012) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ULFA_RAHMAWATI_76617_2180_2012.pdf] Text
B1_5_ULFA_RAHMAWATI_76617_2180_2012.pdf

Download (696kB)

Abstract

Dalam mencapai keberhasilan pendidikan dan belajar siswa, banyak faktor
yang mempengaruhinya. Diantaranya yaitu faktor eksternal. Faktor eksternal
adalah faktor lingkungan di sekitar siswa. Seperti lingkungan keluarga,
lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh lingkungan
keluarga terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap
hasil belajar siswa, dan (3) pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah
terhadap hasil belajar siswa SMK N 1 Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang diperlukan
adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang
diperoleh atau dikumpulkan langsung dilapangan oleh peneliti mengenai
lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Sedangkan data sekunder adalah
data yang diperoleh dari sumber yang telah ada, yakni dari guru wali kelas.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Padang sebanyak
70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik propotional random
sampling. Teknik pengamblan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus
dari Taro Yamane. Jumlah sampel adalah sebanyak 42 sis wa. Data yang
terkumpul dianalisis dengan program Statistical Product and Service Solution
(SPSS) Versi 15.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga (X

1
)
memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar sebesar ,30,5 %, (2)
lingkungan sekolah (X
2
) memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar
sebesar 24,1%, (3) lingkungan keluarga (X
1
) dan lingkungan sekolah (X
2
)
memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar sebesar 28,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:05
Last Modified: 18 Jul 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

View Item
View Item