Darwata, Siti Riva (2015) Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berbasis Karakter melalui Model Pembelajaran POE (Prediction, Obsewation, Explanation) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SITI_RIVA_DARWATA_1101394_2042_2015.pdf [thumbnail of B1_5_SITI_RIVA_DARWATA_1101394_2042_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SITI_RIVA_DARWATA_1101394_2042_2015.pdf
Download (905kB)
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika belum tercapai dengan baik,disebabkan karena siswa kurang memahami dan kurang aktif dalam prosespembelajaran serta nilai-nilai karakter belum muncul pada siswa. Belumtercapainya hasil belajar siswa yang optimal disebabkan oleh model pembelajarandan bahan ajar yang dipakai kurang bervariasi serta belum ada memuat nilai-nilaikarakter. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menggunakan bahan ajar yang berbasiskarakter dengan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation)dalam materi Usaha dan Energi, dan Getaran Harmonik. Tujuan penelitian adalahuntuk menyelidiki pengaruh penerapan bahan ajar berbasis karakter melalui modelpembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) terhadap hasil belajarsiswa kelas XI SMAN 5 Padang.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research)dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas XI SMAN 5 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2014/2015.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Alatpengumpul data penelitian berupa tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan danlembar observasi untuk kompetensi sikap serta rubrik penskoran untukkompetensi keterampilan. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t padataraf nyata 0,05 untuk ketiga kompetensi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk kelaseksperimen dan kelas kontrol berturut-turut yaitu pada kompetensi pengetahuan(78,27) dan (66,75), kompetensi sikap yaitu (3,42) dan (3,28), dan kompetensiketerampilan yaitu (3,30) dan (3,29). Data pengetahuan kedua kelas sampelterdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen, sehingga dilakukanuji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. kompetensi pengetahuan nilai thitung (2,34),kompetensi sikap nilai thitung (2,8), dan kompetensi keterampilan nilai thitung (0,2)dengan ttabel = 2,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai uji t kompetensipengetahuan dan sikap berada di luar penerimaan Ho, sedangkan kompetensiketerampilan berada di dalam penerimaan Ho. Dengan demikian hipotesis kerjayang berbunyi penerapan bahan ajar berbasis karakter melalui modelpembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) terhadap hasil belajarsiswa kelas XI SMAN 5 Padang diterima untuk aspek kompetensi pengetahuandan sikap tapi tidak untuk kompetensi keterampilan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR, KARAKTER, MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:05 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15643 |