Kontribusi Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA N Harau.

Fauziyyah, Siti Azizi (2021) Kontribusi Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA N Harau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SITI_AZIZI_FAUZIYYAH_17006108_4901_2021.pdf] Text
B1_5_SITI_AZIZI_FAUZIYYAH_17006108_4901_2021.pdf

Download (648kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya peningkatan perilakuprokrastinasi akademik dikalangan siswa seiring dengan perkembangan teknologi.Siswa melakukan prokrastinasi atau penundaan terhadap pengerjaan ataupenyelesaian tugas-tugas akademiknya. Salah satu penyebab terjadinya prokrastinasiakademik ini adalah melakukan kegiatan lain yang dianggap lebih menyenangkan,salah satunya menggunakan media sosial instagram yang dapat diakses melaluijejaring internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) intensitaspenggunaan media sosial instagram terhadap siswa di SMA N 2 Harau, (2) kondisiprokrastinasi akademik pada siswa di SMA N 2 Harau, (3) menguji kontribusiintensitas penggunaan media sosial instagram terhadap prokrastinasi akademik siswadi SMA N 2 Harau.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitiankuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling denganmengambil sampel siswa SMA N 2 Harau yang memiliki intensitas penggunaanmedia sosial instagram yang tinggi dengan durasi penggunaan ≥3 jam/hari danfrekuensi penggunaan ≥4 kali/hari kepada 156 orang siswa pengguna aktif mediasosial instagram. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptifdengan persentase dan analisis regresi linier sederhana untuk mendeskripsikankontribusi intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap prokrastinasiakademik siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) intensitas penggunaan instagramberada pada kategori sedang dengan rata-rata 96,10 sedangkan secara umum denganrincian data per aspeknya berada pada kategori sangat tinggi dengan frekuensi 102dan persentase 65,4%, (2) prokrastinasi akademik berada pada kategori sedangdengan rata-rata 90,48 sedangkan secara umum dengan rincian data per aspeknyaberada pada kategori tinggi dengan frekuensi 96 dan persentase 61,5%, (3) terdapatkontribusi intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap prokrastinasiakademik siswa di SMA N 2 Harau yang signifikan, dengan signifikansi sebesar0,02<0,05 dengan koefisien regresi sebesar 0,253, dengan persamaan regresi Y=64,177 + 0,253X , hal ini berarti semakin tinggi intensitas penggunaan media sosialinstagram maka semakin tinggi juga prokrastinasi akademik yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA SOSIAL, INSTAGRAM, PROKRASTINASI AKADEMIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 09:09
Last Modified: 17 Jul 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15640

Actions (login required)

View Item
View Item