Pelaksanaan Tugas Guru BK di Sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.

Ismadiyyah, Ulfa (2021) Pelaksanaan Tugas Guru BK di Sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ULFA_ISMADIYYAH_17006040_4051_2021.pdf] Text
B1_5_ULFA_ISMADIYYAH_17006040_4051_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya
fenomena beberapa guru BK yang dalam melaksanakan tugas
guru BK di sekolah, salah satunya dalam penyusunan progam BK
tidak sesuai dengan panduan struktur progam BK berdasarkan
Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan pelaksanaan tugas guru BK di sekolah
berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode
kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang guru BK di
SMP Negeri dan Swasta di Kecamatan Padang Timur, Kota
Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan
model skala likert, serta pedoman wawancara yang digunakan
untuk melengkapi data awal yang dikumpulkan melalui angket.
Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas
guru BK di sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun
2014 dilihat dari struktur progam BK secara keseluruhan dengan
teknik pengumpulan data melalui angket berada pada kategori
sangat baik dan baik. Berdasarkan (1) aspek rasional yang berada
pada kategori sangat baik dengan persentase 90%, menunjukkan
bahwa guru BK (2) aspek visi dan misi yang berada pada kategori
sangat baik dengan persentase 56,67%, (3) aspek deskripsi
kebutuhan yang berada pada kategori baik dengan persentase
40%, (4) aspek tujuan yang berada pada kategori sangat baik
dengan persentase 53,33%, (5) aspek komponen progam yang
berada pada kategori baik dengan persentase 36,67%, (6) aspek
bidang layanan yang berada pada kategori baik dengan persentase
43,33%, (7) aspek rencana operasional yang berada pada kategori
baik dengan persentase 60%, (8) aspek pengembangan tema/topik
yang berada pada kategori sangat baik dengan persentase 53,33%,
(9) aspek evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut yang berada pada
kategori baik dengan persentase 50%, (10) aspek anggaran biaya
yang berada pada kategori baik dengan persentase 46,67%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUGAS GURU BK, PERMENDIKBUD NOMOR 111 TAHUN 2014
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2025 09:09
Last Modified: 17 Jul 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15639

Actions (login required)

View Item
View Item