Kontribusi Disiplin dan Suasana Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Program Produktif Teknik Audio Video Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang

Fauziah, Hesti Rahmah (2011) Kontribusi Disiplin dan Suasana Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Program Produktif Teknik Audio Video Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HESTI_RAHMAH_FAUZIAH_87668_2011.pdf] Text
B1_5_HESTI_RAHMAH_FAUZIAH_87668_2011.pdf

Download (337kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dibawah
standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Untuk mata
pelajara program produktif teknik audio video di SMK Negeri 1 Padang.
Kenyataan dilapangan bahwa untuk kelas X AV 1 ada 35.7 % dan untuk kelas X
AV 2 ada 37.5 % siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi disiplin belajar dan suasana belajar
terhadap hasil belajar mata pelajaran program produktif teknik audio vodio di
SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan
data skunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari
responden mengenai disiplin belajar dan suasana belajar melalui sebaran angket,
sedangkan data skunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata
pelajaran program produktif teknik audio video. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang sebanyak 60 siswa. Sampel dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 padang yang berjumlah 60
dengan menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis dengan menggunakan
Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 15.0. Hasil
Pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat
t������ sebesar 3.07, sedangkan t�����sebesar 2.002 dengan df = n – 2 pada taraf
signifikansi 0.025 dengan ketentuan t������ > t�����, berarti terdapat kontribusi
yang signifikan antara variabel dengan r2 (r Square) sebesar 0.140 (2) Hipotesis
kedua, hasil analisis uji –t didapat t������ sebesar 3.35 sedangkan t����� sebesar
2.002 dengan df = n – 2 pada taraf signifikansi 0.025 dengan ketentuann t������ >
t����� berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan r2 (r
Square) sebesar 0.162 (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh F������ sebesar
9.9 sedangkan F����� sebesar 3.159 dengan df1 = jumlah variabel-1 dan df2 = (nk-
1), pada taraf signifikan 0.05 dengan ketentuan F������ > F�����, berarti terdapat
kontribusi yang signifikan antara variabel dengan R2 (R Square) sebesar 0,258.
Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji
kebenarannya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DISIPLIN DAN SUASANA BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2025 09:08
Last Modified: 17 Jul 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15632

Actions (login required)

View Item
View Item