Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor.

Sisrianti, Sisrianti (2013) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SISRIANTI_04247_813_2013.pdf] Text
B1_5_SISRIANTI_04247_813_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi kepribadian adalah salah satu kompetensi yang harus dimilikioleh guru BK/konselor yang berkaitan dengan tingkah laku pribadi guru itusendiri yang harus memiliki nilai-nilai luhur sehingga terlihat dalam perilakusehari-hari. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada guruBK/konselor yang belum memiliki kepribadian yang baik seperti kurang hangatdalam menerima siswa yang akan konseling dan belum mampu menampilkanemosi yang stabil di depan siswa, sehingga dalam menghadapi siswa yang sulitberubah ke arah yang lebih baik guru BK/konselor mudah sekali marah. Tujuanpenelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi siswa tentang kompetensikepribadian guru BK/konselor di SMP N 5 Pariaman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalahsiswa SMP N 5 Pariaman yang berjumlah 380 orang. Sampel ditentukan denganmenggunakan teknik Proportional Random Sampling, yang berjumlah 71 orangsiswa. Instrumen pengumpul data adalah angket kemudian data diolah denganmenggunakan statistik sederhana yaitu teknik analisis persentase.Hasil penelitian mengungkapkan persepsi siswa tentang kompetensikepribadian guru bimbingan dan konseling/konselor secara keseluruhan beradapada kategori cukup baik, dalam hal: a) persepsi siswa tentang kompetensikepribadian guru bimbingan dan konseling/konselor dilihat dari beriman danbertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berada pada kategori baik, b) persepsisiswa tentang kompetensi kepribadian guru bimbingan dan konseling/konselordilihat dari menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,individualitas dan kebebasan memilih berada pada kategori cukup baik, c)persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru bimbingan dankonseling/konselor dilihat dari menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadianyang kuat berada pada kategori cukup baik, d) persepsi siswa tentang kompetensikepribadian guru bimbingan dan konseling/konselor dilihat dari menampilkankinerja berkualitas tinggi berada pada kategori cukup baik.Dari hasil penelitian, disarankan kepada: 1) guru BK/konselor diharapkanmeningkatkan lagi kompetensi kepribadiannya dalam beriman dan bertakwakepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) guru BK/konselor hendaknya mampumenjunjung tinggi harkat dan martabat siswa serta lebih mengutamakankepentingan siswanya daripada kepentingan pribadi, 3) guru BK/konselorhendaknya mampu menampilkan emosi yang stabil dihadapan siswanya, 4) guruBK/konselor harus bersemangat dalam melayani siswa yang akan konseling danmampu menampilkan tindakan yang cerdas, kreatif, inovatif dan produktif 5)peneliti lanjutan yang akan meneliti tentang kajian ini untuk lebih memperluaskajiannya yang terkait dengan aspek-aspek lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI KEPRIBADIAN, GURU BK
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 09:08
Last Modified: 17 Jul 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

View Item
View Item