Hayati, Fuaida (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Kooperatif Tipe Inside-Outside-Circle di kelas IV SDN 19 Tanjung Medan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_FUAIDA_HAYATI_56761_4971_2014.pdf [thumbnail of B1_6_FUAIDA_HAYATI_56761_4971_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_FUAIDA_HAYATI_56761_4971_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 19 Tanjung Medan Kecamatan Ampek Angkek bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan cara-cara lama (konvensional), dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan Model Kooperative Tipe Inside-Outside-Circle yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 19 Tanjung Medan Kecamatan Ampek Angkek.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dengan jumlah siswa 24 orang dilaksanakan dengan observasi, tes, dan pengamatan. Model Kooperative Tipe Inside-Outside-Circle merupakan model pembelajaran dengan sistim lingkaran kecil dan lingkaran besar dimana siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.
Hasil penelitian membuktikan bahwa aspek perencanaan pada siklus I pertemuan I dengan kualifikasi 75%, pertemuan II dengan kualifikasi 78% dan siklus II dengan kualifikasi 93%. Aspek pelaksanaan aktifitas guru siklus I pertemuan I dengan kualifikasi 72%, pertemuan II dengan kualifikasi 75% dan siklus II dengan kualifikasi 97%. Aktifitas siswa siklus I pertemuan I dengan kualifikasi 75%, pertemuan II dengan kualifikasi 81% dan siklus II dengan kualifikasi 97%. Sedangkan hasil belajar siklus I pertemuan I dengan kualifikasi 72%, pertemuan II dengan kualifikasi 73% dan siklus II dengan kualifikasi 89%. Dengan menggunakan Model Kooperative Tipe Inside-Outside-Circle hasil belajar siswa kelas IV SDN 19 Tanjung Medan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:59 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15600 |