Putri, Tuti Zahara (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_TUTI_ZAHARA_PUTRI_57630_2958_2013.pdf [thumbnail of B1_5_TUTI_ZAHARA_PUTRI_57630_2958_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_TUTI_ZAHARA_PUTRI_57630_2958_2013.pdf
Download (384kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMP Negeri 1 Lintau Buo, masih banyaknya siswa kelas VIII yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 73. siswa yang berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimun) 46% dan siswa yang berada di atas KKM 31,5%. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar mata pelajaran TIK siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini bersifat Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 146 siswa. Sampel diambil sebanyak 73 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan kelas VIII 2 yang siswanya berjumlah 35
orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 yang siswanya berjumlah 38 orang juga sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan video
tutorial dan metode pembelajaran langsung memiliki rata-rata nilai (79,00) dengan peningkatan sebesar 37,1 yang lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode pembelajaran langsung (70,6) dengan peningkatan hanya 26,7. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung adalah 4,52.Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 09:07 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 09:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15599 |