Marselina, Frisca (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar Seni Budaya Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) bagi Kelas IX 2 SMP N 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_FRISCA_MARSELINA_86926_2919_2014.pdf [thumbnail of B1_6_FRISCA_MARSELINA_86926_2919_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_FRISCA_MARSELINA_86926_2919_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran Seni Budaya di kelas IX 2 SMP N 3 Pariaman, aktifitas siswa begitu rendah diantaranya aktifitas bertanya, menjawab pertanyaan guru atau teman, memberi tanggapan, aktifitas berdiskusi, dan membuat kesimpulan. Untuk mengatasi hal tersebut digunakanlah salah satu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap aktifitas belajar Seni Budaya siswa dikelas IX 2 SMP N 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan alokasi waktu 8 jam pelajaran dalam waktu 4 minggu. Keseluruhan siklus penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus yaitu 4 kali pertemuan tatap muka. Instrumen penelitian ini menggunakan lembaran observasi aktifitas siswa. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus persentase aktifitas. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini menunjukan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mempunyai pengaruh dalam meninggkatkan aktifitas belajar seni budaya dikelas IX 2 SMP N 3 Pariaman. Aktifitas belajar siswa meninggkat dari 15,29% (refleksi awal) menjadi 44,12% pada siklus 1 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 73,34%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:57 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15592 |