Menumbuhkan Kreativitas Siswa Melalui Rangsangan Alam Sekitar dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SD RK I Andreas – Rk II Fransiskus Yayasan Prayoga Padang

Agustiana, Frinita (2016) Menumbuhkan Kreativitas Siswa Melalui Rangsangan Alam Sekitar dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SD RK I Andreas – Rk II Fransiskus Yayasan Prayoga Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_FRINITA_AGUSTIANA_1202841_4336_2016.pdf] Text
B1_6_FRINITA_AGUSTIANA_1202841_4336_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa melalui rangsangan alam sekitar dalam kegiatan pengembangan diri seni tari di Sekolah Dasar RK I Andreas – RK II Fransiskus Yayasan Prayoga Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian adalah siswa kelas 5 yang mengikuti kegiatan pengembangan diri seni tari di Sekolah Dasar RK I Andreas – RK II Fransiskus Yayasan Prayoga Padang yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan pengamatan. Teknik analisis data melalui koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah siswa mampu berkreativitas dengan indikator kreativitas yaitu mengimitasi gerak, mengembangkan gerak dan penampilan tari melalui rangsangan alam sekitar, dengan rangsangan awal tari yaitu rangsangan visual dan rangsangan kinestetik. Siswa mampu melahirkan gerakan-gerakan yang sederhana dan mampu mengembangkannya menjadi beberapa gerakan. Siswa mampu memperagakan tari dengan ragam gerak yang sesuai dengan tingkat kemampuan motoriknya. Siswa menunjukkan antusias yang tinggi dalam melahirkan gerak sesuai dengan imajinasi kreatif melalui bimbingan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:57
Last Modified: 17 Jul 2025 06:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15591

Actions (login required)

View Item
View Item