Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pecahan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Khelas IV SDN 52 Parupuk Tabing Padang

Sari, Frawita (2016) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pecahan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Khelas IV SDN 52 Parupuk Tabing Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_FRAWITA_SARI_1200550_5599_2016.pdf] Text
B1_6_FRAWITA_SARI_1200550_5599_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan
masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II
siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Peneliti bertindak sebagai penyaji/praktisi dalam proses pembelajaran, sedangkan
guru kelas IV sebagai pengamat. Subjek penelitian adalah guru dan siswa yang
berjumlah 21 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan.
Hasil penelitian siklus I pelaksanaan aspek guru diperoleh hasil dengan
rata-rata 78,12% (Baik), dari aspek siswa rata-rata 71,85% (Baik) peningkatan
kemampuan pemecahan masalah rata-rata 62,02 (Cukup). Sedangkan pada siklus
II pelaksanaan aspek guru diperoleh hasil dengan rata-rata 93,75% (Sangat Baik),
dari aspek siswa 93,75% (Sangat Baik), dan peningkatan kemampuan pemecahan
masalah meningkat menjadi rata-rata 84,04 % (Sangat Baik). Dapat disimpulkan
bahwa dengan pendekatan matematika realistik pada materi pecahan dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:56
Last Modified: 17 Jul 2025 06:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item
View Item