Pratama, Trisa Novia (2015) Hubungan Lingkungan Sosio-Emosional di Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_TRISNA_NOVIA_PRATAMA_1100517_5231_2015.pdf [thumbnail of B1_5_TRISNA_NOVIA_PRATAMA_1100517_5231_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_TRISNA_NOVIA_PRATAMA_1100517_5231_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Berhasil atau tidaknya siswa dalam proses belajar dipengaruhi oleh dua faktor,yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Lingkungan kelas yang kurang nyaman dan
tidak menyenangkan dapat membuat siswa tidak betah berada di kelas. Lingkungan belajar yang baik akan memberikan iklim kelas yang baik, harmonis, dan kondusif agar dapat meningkatkan keefektifan belajar serta motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1)mendeskripsikan gambaran motivasi belajar siswa, (2) mendeskripsikan gambaran lingkungan sosio-emosional di kelas, dan (3) menguji apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sosio-emosional di kelas dengan motivasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya sebanyak 409 siswa. Jumlah sampel sebanyak 215
siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara proportional random sampling dan dianalisis dengan teknik persentase dan pearson product moment untuk melihat hubungan antara variabel X dan variabel Y. Temuan penelitian ini mengungkapkan (1) lingkungan sosio-emosional di
kelas berada pada kategori baik, (2) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sosioemosional
di kelas dengan motivasi belajar siswa berada pada korelasi sebesar 0,539 dan taraf signifikansi 0,00 pada tingkat hubungan cukup berarti. Berdasarkan temuan penelitian disarankan: (1) guru BK membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara memberikan layanan yang
terkait dengan motivasi belajar, seperti layanan konseling perorangan, layanan informasi, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok dengan materi pentingnya motivasi belajar dan cara meningkatkan motivasi belajar, (2) guru mata pelajaran dapat membantu siswa dalam memperbaiki lingkungan sosioemosional serta motivasi belajarnya demi tercapainya proses belajar yang menyenangkan. Serta guru mata pelajaran dapat juga menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar. Materi yang dapat diajarkan kepada siswa seperti motivasi berprestasi dan cara mengatasi kejenuhan
dalam belajar, dan (3) bagi peneliti selanjutnya, melalui penelitian ini diharapkan bisa menjadi pedoman dan acuan untuk meneliti lebih lanjut khususnya mengenai faktorfaktor
yang mempengaruhi motivasi belajar siswa seperti hubungan ekonomi dengan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:55 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15575 |