Gustiya, Trisha (2014) Pembuatan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis ICT dengan Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran IPA Siswa SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_TRISHA_GUSTIYA_18409_1823_2014.pdf [thumbnail of B1_5_TRISHA_GUSTIYA_18409_1823_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_TRISHA_GUSTIYA_18409_1823_2014.pdf
Download (896kB)
Abstract
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor pendukung kesiapan dan kemampuan suatu bangsa menghadapi tantangan era globalisasi.SDM berkualitas ditentukan dari individu-individu yang berilmu dan berkarakter yang tidak lepas dari peran dunia pendidikan. Pendidikan harus mengoptimalkan berbagai aspek dalam pembelajaran seperti kognitif, pemanfaatan ICT dan pendidikan karakter siswa. Kenyataan menunjukkan bahwa pada pembelajaran
IPA secara terpadu di tingkat SMP belum terlaksana. Pengoptimalan ICT dan pengintegrasian nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran juga belum terlaksana. Solusi dari masalah ini adalah pembuatan bahan ajar IPA terpadu
berbasis ICT dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar IPA terpadu berbasis ICT dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif
digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VIII.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development. Desain penelitian yang digunakan pada uji coba terbatas adalah desain eksperimen sebelum dan sesudah. Objek penelitian yaitu bahan ajar IPA terpadu berbasis ICT
dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter dan siswa kelas VIII.E sebanyak 24 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah: lembar validasi, lembar uji kepraktisan, hasil belajar, dan lembar observasi nilai karakter siswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil
penelitian. Pertama, bahan ajar memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata 85,4. Desain bahan ajar untuk kelas VIII memiliki menu home, pendahuluan, identitas, materi, latihan, evaluasi, download, chatting dan forum diskusi yang
dilengkapi dengan gambar, video, dan animasi. Kedua, nilai kepraktisan bahan ajar IPA terpadu berbasis ICT dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter
menurut guru dan siswa masing-masing adalah 82,94 dan 81,58. Bahan ajar IPA terpadu berbasis ICT dengan mengintegrasikan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15569 |