Hubungan antara Metode Mengajar Tutor menurut Warga Belajar dengan Hasil Belajarnya di PKBM Sumpur Indah Pasaman

Putra:, Sawal Andhika (2015) Hubungan antara Metode Mengajar Tutor menurut Warga Belajar dengan Hasil Belajarnya di PKBM Sumpur Indah Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SAWAL_ANDHIKA_PUTRA_1105482_3542_2015.pdf] Text
B1_4_SAWAL_ANDHIKA_PUTRA_1105482_3542_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar warga belajar
kelas tiga dalam mata pelajaran IPA pada paket B di PKBM Sumpur Indah
Kecamatan mapat Tunggul kabupaten Pasaman. Hal ini diduga karena pengaruh
dari metode mengajar yang diterapkan tutor. Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan metode mengajar tutor, menggambarkan hasil belajar warga
belajar, serta melihat hubungan antara metode mengajar yang digunakan tutor
dengan hasil belajar warga belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah warga belajar kelas tiga mata pelajaran IPA di paket B di
PKBM Sumpur Indah Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman, yang
berjumlah 30 orang. Dalam penelitian ini tidak dilakukan penarikan sampel, maka
seluruh populasi dijadikan subjek penelitian (sensus) yang berjumlah 30 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan alat
pengumpul data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan
rumus persentase dan produk moment.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) metode mengajar tutor
menurut warga belajar kelas tiga paket B mata pelajaran IPA di PKBM Sumpur
Indah Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman masih tergolong kurang
baik, (2) Hasil belajar warga belajar kelas tiga paket B di PKBM Sumpur Indah
Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman itu tergolong rendah, (3)
Terdapat hubungan yang signifikan antara metode mengajar tutor menurut warga
belajar kelas tiga paket B mata pelajaran IPA dengan hasil belajarnya di PKBM
Sumpur Indah Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman. Disarankan agar
kemampuan tutor dalam penggunaan metode mengajar lebih ditingkatkan
khususnya dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:54
Last Modified: 17 Jul 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item
View Item