Yanto, Heri (2020) Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Persepsinya terhadap Pembelajaran pada Materi Hukum Newton tentang Gerak di Kelas X SMA di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HERI_YANTO_14033031_185_2020.pdf [thumbnail of B1_5_HERI_YANTO_14033031_185_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HERI_YANTO_14033031_185_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil analisis terhadap data dokumentasi hasil belajar fisika siswa kelas X di
kota Padang, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton
tentang gerak menempati nilai terendah dibandingkan materi lainnya. Artinya,
siswa mendapatkan kesulitan dalam memahami materi hukum Newton tentang
gerak. Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui kecendrungan persepsi siswa
terhadap pembelajaran fisika pada materi hukum Newton tentang gerak, b)
mengetahui kualitas hasil belajar siswa pada materi hukum Newton tentang gerak,
c) kontribusi persepsi siswa tentang pembelajaran fisika pada materi hukum
Newton tentang gerak dan faktor kesulitan dalam mempelajarinya terhadap hasil
belajar siswa pada semester Januari-Juni 2019, serta d) mengungkapkan berbagai
permasalahan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran fisika pada materi
hukum Newton tentang gerak ditinjau dari persepsinya.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif korelasional.
Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik Stratified Random Sampling.
Jumlah sampel yang diperoleh adalah 60 orang siswa yang mewakili siswa dengan
nilai tinggi, sedang dan kurang yang berasal dari 4 SMA negeri dan 1 SMA
swasta. Data penelitian mengenai persepsi diperoleh menggunakan instrumen
berupa kuisioner yang terdiri dari 60 item pernyataan dan data hasil belajar
diperoleh melalui 24 butir soal yang disusun berdasarkan 4 dimensi pengetahuan
dan 6 tingkatan proses kognitif pada taksonomi Bloom revisi. Instrumen
penelitian yang digunakan telah memenuhi kelayakan melalui uji validitas dan
reliabilitasnya. Pengolahan data dilakukan melalui teknik persentase dan analisis
korelasi Moment Product Pearson setelah memenuhi uji persyaratan analisis,
normalitas dan linieritasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) kecendrungan persepsi siswa
terhadap pembelajaran fisika pada materi hukum newton tentang gerak berada
pada kategori sedang dengan persentase nilai sebesar 68.5%, b) hasil belajar siswa
pada materi hukum Newton tentang gerak berada pada kategori sedang dengan
persentase nilai sebesar 50%, c) hubungan persepsi siswa terhadap pembelajaran
fisika pada materi hukum newton tentang gerak dan faktor kesulitan dalam
mempelajarinya dengan hasil belajarnya berada pada kategori kuat dengan
kontribusinya sebesar 61,3%, dan d) terungkap 10 faktor penyebab kesulitan
siswa dalam mempelajari materi hukum Newton tentang gerak menurut persepsi
siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 09:33 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 09:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15554 |