Rancang Bangun Media Pembelajaran Pemograman Berorientasi Objek (PBO) Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan pada Perangkat Mobile dengan Sistem Operasi Android

Vani, Heppy Aesti (2015) Rancang Bangun Media Pembelajaran Pemograman Berorientasi Objek (PBO) Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan pada Perangkat Mobile dengan Sistem Operasi Android. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HEPPY_AESTI_VANI_1102667_3600_2015.pdf] Text
B1_5_HEPPY_AESTI_VANI_1102667_3600_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat pada saat ini
berdampak perubahan diberbagai aspek, salah satunya dalam dunia
pendidikan. Berbagai upaya peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan
seiring dengan berkembangnya teknologi yakni memanfaatkan perangkat
mobile seperti handphone atau smartphone dengan sistem operasi android
yang merupakan perangkat mobile yang paling banyak dimiliki oleh siswa
dan masyarakat saat ini untuk dapat mendukung dan membantu dalam proses
belajar. Pengembangan model media pembelajaran kearah yang lebih modern
dan efektif diharapkan mampu membantu siswa dalam belajar sehingga lebih
optimal dalam peran dan fungsionalnya. Pemograman Berorientasi Objek
(PBO) merupakan salah satu mata pelajaran paket keahlian rekayasa
perangkat lunak untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
yang dapat dikembangkan dalam sebuah aplikasi android sebagai sebuah
media belajar modern.
Pengembangan media pembelajaran Pemograman Berorientasi Objek
(PBO) ini disajikan dalam bentuk 13 materi pokok sesuai dengan silabus
kurikulum. Masing-masing uraian materi terdiri atas 4 sub menu yaitu:
pendahuluan sebagai pengantar dari materi yang akan dibahas, tujuan sebagai
patokan yang hendak dicapai, uraian materi, dan tes untuk mengetahui
kemampuan setelah mempelajari materi tersebut. Jenis soal yang terdapat
dalam media ini berbentuk soal pilihan sebanyak 10 buah soal dengan sistem
acak untuk setiap kali akses dilakukan, kemudian diakhir soal akan muncul
score yang didapat serta jumlah soal salah.
Media pembelajaran Pemograman Berorientasi Objek (PBO) ini
diharapkan dapat membantu siswa dalam menambah referensi bacaan untuk
memahami PBO kapanpun dalam keadaan offline tanpa harus membawa
buku. Media pembelajaran PBO ini dirancang dengan bahasa pemodelan
perangkat Unified Modeling Language (UML). Bahasa pemograman yang
digunakan adalah Java, dengan menggunakan IDE Android Studio.
Sedangkan implementasi program dilakukan pada Samsung galaxy S5. Secara
umum, hasil yang ditampilkan dari emulator dan Smartphone Android
Samsung Galaxy S5 sama.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PEMOGRAMAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 16 Jul 2025 09:22
Last Modified: 16 Jul 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item
View Item