Henny, Henny (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD terhadap Hasil Belajar TIK pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HENNY_94280_2011.pdf [thumbnail of B1_5_HENNY_94280_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HENNY_94280_2011.pdf
Download (265kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di
lapangan yaitu di SMP Negeri 13 Padang masih ada siswa kelas VIII yang
memperoleh hasil belajar dibawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran
Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 65 dengan
rentang 0 – 100. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah model
pembelajaran yang digunakan kurang inovatif. Untuk itu dilakukan pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran STAD khususnya pada siswa untuk
mengingkatkan daya kreativitas siswa pada materi pelajaran yang diberikan guru di
sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, dimana populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tp. 2010/2011.
Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan jumlah yang ditentukan (quota
sample). Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi. Kelas
eksperimen adalah kelas yang diberlakukan pembelajaran menggunakan model
kooperatif STAD dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang
menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dari tes hasil
belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Dari hasil tes penelitian didapat
nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD
yaitu 74,5 sementara siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional
67,5. Hasil hipotesis didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung 2,34 >
ttabel (2,034). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat
diterima pada taraf kepercayaan sebesar 0,05 %, sehingga dapat disimpulkan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dapat
meningkatkan hasil belajar siswa daripada pembelajaran model konvensional
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 09:22 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15547 |