Andika, Tri (2014) Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Ranah Batahan Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_TRI_ANDIKA_84101_91_2015.pdf [thumbnail of B1_5_TRI_ANDIKA_84101_91_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_TRI_ANDIKA_84101_91_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam pembelajaran siswa perlu terlibat secara aktif . Dengan ini diharapkan hasil belajar siswa akan lebih baik. Namun, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah guru belum
merancang bahan ajar yang kondusif dipakai dalam pembelajaran di sekolah. LKS Berorientas Peta Pikiran merupakan bahan ajar yang dapat mendorong keterlibatan
siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat menyimpulkan, meringkas,memahami, mempelajari materi sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan LKS berorientasi peta pikirandalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ranah
Batahan Pasaman Barat. Hipotesis kerja dalam penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan LKS berorientasi Peta Pikiran dalam pembelajaran fisika terhadap hasil
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ranah Batahan Pasaman Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan Randomized control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Ranah Batahan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster sampling. Kelas VIII 1
sebagai kelas Eksperimen dan Kelas VIII sebagai kelas
Kontrol. Berdasarkan data hasil penelitian nilai rata-rata kelas Eksperimen 80,64 dan kelas Kontrol 73,87, setelah dilakukan uji hipotesis didapat nilai t = 1,67. Dapat disimpulkan bahwa t hitung >t tabel hitung maka hipotesis diterima.Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan hasil penggunaan LKS berorientasi Peta Pikiran memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar fisika siswa. 2 = 2,57 dan t tabel
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 09:22 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15544 |