Anggraini, Silvia (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SILVIA_ANGGRAINI_1106084_4160_2016.pdf [thumbnail of B1_5_SILVIA_ANGGRAINI_1106084_4160_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SILVIA_ANGGRAINI_1106084_4160_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X diSMAN 3 Pariaman terutama dalam mata pelajaran Seni Budaya bidang SeniRupa. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya motivasi siswa didalam pembelajaran Seni Rupa. Selain itu metode pembelajaran masih berpusatpada guru sehingga interaksi komunikasi antara guru dengan siswa, dan siswadengan siswa tidak terbangun secara maksimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)terhadap hasil belajar Seni Rupa siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman.Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan modeleksperimen. instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Jenis instrumenadalah tes tulisan berbentuk objektif dengan pilihan ganda berjumlah 20 soal.Kemudian data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 16.00.Hasil penelitian terlihat bahwa siswa pada kelas eksperimen yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams AchievementDivision (STAD) memiliki hasil belajar yang tinggi jika dibandingkan dengansiswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 16.00diperoleh thitung yaitu 5,314 dan ttabel yaitu 2,034 (thitung>ttabel) dengan tarafsignifikan 5% (α = 0,05) ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yangsignifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe Student TeamsAchievement Division (STAD) berpengaruh positif terhadap hasil belajar SeniRupa siswa kelas X di SMA Negeri 3 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15538 |