Kontribusi Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Diagnosa Permasalahan Jaringan XI TKJ SMK Cendana Padang

Ramadhani, Tomi (2014) Kontribusi Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Diagnosa Permasalahan Jaringan XI TKJ SMK Cendana Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_TOMI_RAMADHANI_97856_4802_2014.pdf] Text
B1_5_TOMI_RAMADHANI_97856_4802_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil survei yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas XI pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam mata pelajaran diagnosa permasalahan jaringan, dimana 60,51% relative besar mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran diagnosa permasalahan jaringan yaitu 75 dengan rentang nilai 0 -100. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi
persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar diagnosa permasalaha jaringan XI TKJ SMK Cendana Padang
Panjang. Jenis penelitian ini adalah korelasi/korelasional. Populasi penelitian berjumlah 119 orang dan sampel berjumlah 55 orang siswa kelas XI TKJ SMK Cendana Padang Panjang Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Proporsional random sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran diagnosa permasalahan jaringan, data ini merupakan cerminan hasil belajar dalam mata pelajaran diagnosa permasalahan
jaringan. Sedangkan data persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis
menggunakan metode statistik dengan bantuan Microsoft Excel 2010 dan SPSSVersion 15untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru memberikan kontribusi sebesar 25,20% terhadap hasil belajar
siswa, (2) Aktivitas Belajar memberikan kontribusi sebesar 22,78 % terhadap hasil belajar siswa, (3) Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Aktivitas Belajar secara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 31,3%
terhadap hasil belajar diagnosa permasalahan jaringan XI TKJ SMK Cendana Padang Panjang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jadi dapat disimpulkan bahwa Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Aktivitas Belajar berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin baik persepsi siswa tentang
keterampilan mengajar guru, maka semakin baik juga aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa, maka hasil belajar akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:46
Last Modified: 16 Jul 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15536

Actions (login required)

View Item
View Item