Oktavianas, Andri (2015) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ANDRI_OKTAVIANAS_17261_1550_2015.pdf [thumbnail of B1_5_ANDRI_OKTAVIANAS_17261_1550_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ANDRI_OKTAVIANAS_17261_1550_2015.pdf
Download (525kB)
Abstract
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali
emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang
lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan
orang lain. Kenyataan di lapangan masih ada siswa yang tidak bisa
mengendalikan emosi diri dengan baik, kurang berempati terhadap orang lain, dan
memiliki motivasi dan semangat yang rendah. Hasil belajar adalah hasil dari suatu
interaksi tindak belajar mengajar dan biasanya ditunjukkan dengan nilai tes yang
diberikan guru.
Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa
(2) mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan (3) menguji hubungan kecerdasan
emosional dengan hasil belajar.
Metode penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif
korelasional.Populasi penelitian adalahsiswa kelas X dan XI SMA Adabiah 1
Padang tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel 85 orang yang dipilih dengan
teknik stratified random sampling.Instrumen yang digunakan yaitu angket dengan
skala Likert.Angket dianalisis dengan teknik statistik deskriptif korelasional.
Temuan penelitian adalah (1) kecerdasan emosional siswaberada pada
kategori sedang (2) hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dan (3) tidak
terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa dengan
r 0,073.Hal ini menunjukkan bahwasanya terdapat banyak hal yang
mempengaruhi hasil belajar siswa selain kecerdasan emosional.Dari hasil
penelitian disarankan agar guru bimbingan dan konseling/Konselor memberikan
kegiatan pelayanan BK yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa
serta meningkatkan hasil belajarnya. Selanjutnya untuk guru mata pelajaran
hendaknya bekerja sama dengan guru bimbingan dan konseling/Konselor dalam
upaya meningkatkan hasil belajar serta kecerdasan emosional siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 09:21 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15533 |