Nasution, Aprayanti (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_APRIYANTI_NASUTION_1302919_523501_2017.pdf [thumbnail of B1_05_APRIYANTI_NASUTION_1302919_523501_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_APRIYANTI_NASUTION_1302919_523501_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 5 Padang. Hal ini disebabkan beberapa faktor salah satunya metode atau strategi pembelajaran yang kurang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Sistem Komputer kelas X TKJ di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini bersifat eksperimen, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas X TKJ A yang akan dilakukan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol adalah X TKJ B yang akan diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Teknik pengumpulan data dari post test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82,29, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,93. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (2,182 > 2,056) Karena thitung besar dari ttabel maka hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dari perhitungan Gain hasil belajar dimana O1 adalah rata-rata kelas eksperimen dan O2 adalah kelas kontrol maka diperoleh persentase peningkatan hasil belajar sebesar 6,79%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang membuktikan dari peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Student Team Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15520 |