Putri, Silpia Deka (2013) Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa SMP N 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SILPIA DEKA PUTRI_04198_2013.pdf [thumbnail of B1_5_SILPIA DEKA PUTRI_04198_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SILPIA DEKA PUTRI_04198_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran ada faktor-faktor yang mempengaruhiterjadinya perbedaan prestasi belajar siswa, ada yang mengalami prestasi belajartinggi, sedang dan rendah. Faktor yang menjadi penyebab rendahnya prestasibelajar siswa tersebut yaitu faktor internal dan eksternal. Sesuai dengan fenomenadi lapangan banyak siswa yang mengalami prestasi belajar rendah, siswa seringkeluar masuk saat proses pembelajaran, dan pemberian pelajaran tambahan bagisiswa belum bisa menghasilkan nilai seperti yang diharapkan. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya prestasibelajar yang dialami oleh siswa kelas VIII di sekolah.Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif denganmenggunakan instrumen penelitian yaitu angket. Subyek penelitian sebanyak 30orang siswa yang mengalami prestasi belajar yang rendah. Alat pengumpulan datadikumpulkan melalui angket dan studi dokumenter, berupa data penunjang yangdiperoleh dari data dokumentasi SMP N 12 Padang tentang hasil tes IQ dan statuspekerjaan orang tua siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisispersentase.Temuan penelitian menunjukkan, bahwa tentang faktor-faktor penyebabrendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII yaitu: faktor internal mencakup: faktorjasmani, psikologis dan kelelahan, yang paling menonjol pada faktor internalyaitu: faktor motivasi sebanyak 88,3% siswa sangat setuju menjadi penyebabrendahnya prestasi belajar. Sedangkan pada faktor eksternal mencakup: faktorkeluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat, yang paling menonjol pada faktorekstenal yaitu: faktor relasi anggota keluarga sebanyak 94,9% siswa sangat setujumenjadi penyebab rendahnya prestasi belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan: (1) Agar siswa dapatmenjalani proses belajar dengan baik dan mendapatkan prestasi belajar yangsesuai dengan IQ yang dimiliki oleh siswa. Maka disarankan kepada gurupembimbing agar memberikan layanan informasi dan layanan penguasaan kontenkepada siswa, sesuai dengan kebutuhan siswa, (2) Dalam kegiatan proses belajarcara belajar siswa belum berjalan dengan optimal disarankan pada guru matapelajaran untuk dapat memperhatikan, membimbing dan membina siswa dalammeningkatkan cara belajar dan prestasi belajar yang optimal yang sesuai denganIQ dimiliki oleh siswa tersebut. terutama dalam mendorong siswa untuktermotivasi untuk belajar dengan baik, (3) Melalui guru pembimbing di sekolahdisarankan pada orangtua sebagai pendidik dalam keluarga untuk menciptakanhubungan sosial yang baik dalam keluarga, agar terciptanya interaksi yang baikterhadap anak dan (4) Peneliti selanjutnya, disarankan agar dapat memberikanlayanan yang harus dilakukan pada siswa yang mengalami faktor-faktor penyebabrendahnya prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PRESTASI BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15519 |