Wardana, Henky (2012) Kontribusi Motivasi dan Interaksi Siswa dengan Guru di dalam Kelas terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Dasar-dasar Perbengkelan kelas X Jurusan Teknik Elektonika SMK N 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HENKY WARDANA_85140_2012_4098.pdf [thumbnail of B1_5_HENKY WARDANA_85140_2012_4098.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HENKY WARDANA_85140_2012_4098.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu di SMK N 1 Bukittinggi, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata diklat menerapkan dasar-dasar perbengkelan yang ditetapkan sekolah yaitu 70,00. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi motivasi dan interaksi siswa dengan guru terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar perbengkelan di SMK N 1 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh peneliti mengenai motivasi dan interaksi, sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan peneliti dari sumber yang telah ada yakni diperoleh dari guru mata diklat menerapkan dasar-dasar perbengkelan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Elektronika di SMK N 1 Bukittinggi sebanyak 66 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Proportional Random sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X Teknik Elektronika di SMK N 1 Bukittinggi dengan menggunakan rumus Taro Yamane adalah 39 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 15.0. Dari hasil penelitian didapatkan (1) Motivasi (X1) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 45.7% (2) Interaksi Siswa dengan guru (X2) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 21% dan (3) Besarnya persentase sumbangan variabel motivasi (X1) dan interaksi (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 57.8%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI DAN INTERAKSI SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15518 |