Sefniwati, Sefniwati (2014) Peningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan melalui Permainan Dimana Kuletakkan Angkaku di PAUD Aisyiyah VIII Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SEFNIWATI_58909_2421_2014.pdf [thumbnail of B1_4_SEFNIWATI_58909_2421_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SEFNIWATI_58909_2421_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan kemampuan
anak dalam mengenal konsep bilangan di PAUD Aisyiyah VIII Kecamatan Pulau
Punjung Kabupaten Dharmasraya yang diduga tidak tepatnya metode
pembelajaran yang digunakan oleh pendidik kurang bervariasi. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menggambarkan peningkatan kemampuan anak dalam
mengurutkan bilangan dan mengenal lambang bilangan dengan benda-benda
melalui permainan dimana kuletakkan angkaku di PAUD Aisyiyah VIII
Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian anak didik di PAUD Aisyiyah VIII Kecamatan Pulau Punjung
Kabupaten Dharmasraya, pada kelompok usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang
pada semester I tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data
dengan cara observasi dengan menggunakan alat pengumpul data berupa pedoman
observasi. Sedangkan teknis analisis data yang dianalisis dengan menggunakan
rumus persentase dan menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian tentang kemampuan mengenal konsep bilangan dalam
mengurutkan bilangan dan mengenal lambang bilangan dengan benda-benda
mlalui permainan di mana kuletakkan angkaku di PAUD Aisyiyah VIII sudah
meningkat dengan baik. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada (1)
Pendidik PAUD diharapkan dapat menggunakan permainan dimana kuletakkan
angkaku dalam upaya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan. (2)
Pengelola PAUD yang ingin meningkatkan kemampuan mengenal konsep
bilangan dengan media seperti permainan di mana kuletakan angkaku agar anak
mampu berkembang secara optimal dalam kemampuan mengenal konsep
bilangan. (3) Peneliti yang ingin melanjutkan penelitian ini diharapkan dapat
meneliti lebih lanjut terhadap penigkatan kemampuan anak dalam aspek yang lain
kearah lebih baik lagi dan dapat menciptakan berbagai media yang lebih
bervariasi dan menarik untuk dilakukan anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15514 |