Pengembangan Intrumen Five-Tier Multiple Choice pada Materi Gerak Parabola untuk Menilai Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA kelas X

Wijaya, Tomi Putra (2022) Pengembangan Intrumen Five-Tier Multiple Choice pada Materi Gerak Parabola untuk Menilai Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_TOMI_PUTRA_WIJAYA_18033177_551_2022.pdf] Text
B1_5_TOMI_PUTRA_WIJAYA_18033177_551_2022.pdf

Download (13MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran fisika dalam Kurikulum 2013 adalah tercapainya pemahaman konsep pada setiap materi fisika. Fakta yang ditemukan dilapangan adalah guru belum melakukan penilaian pemahaman konsep, adanyamiskonsepsi, dan belum tersedianya instrumen tes untuk menilai pemahamankonsep siswa di sekolah. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahantersebut adalah mengembangkan Instrumen five-tier multiple choice pada materigerak parabola. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik,validitas isi, praktikalitas, validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran dandaya beda intrumen five-tier multiple choice pada materi gerak parabola untukmenilai pemahaman konsep siswa SMA/MA kelas X.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian development researchmenggunakan model Plomp. Penelitian dilakukan sampai pada tahap uji coba soal(field test). Objek pada penelitian adalah instrumen five-tier multiple choice.
Sumber data validitas isi diperoleh dari hasil validasi tenaga ahli oleh dosen FisikaFMIPA UNP. Sumber data kepraktisan one to one, hasil validitas butir soal,reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda diperoleh dari hasil uji coba instrumenterhadap siswa kelas X SMAN 1 Padang dan SMAN 12 Padang. Instrumen
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar ujipraktikalitas, dan instrumen five-tier multiple choice. Teknik analisis data untukvalidasi instrumen dan produk mengunakan V Aiken, kepraktisan produkmenggunakan rumus persentase, dan validitas butir soal, reliabilitas, tingkatkesukaran dan daya beda dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics.
Berdasarkan preliminary research diperoleh permasalahan miskonsepsipada materi gerak parabola, guru jarang melakukan penilaian pemahaman konsepdan tidak tersedianya intrumen tes untuk menilai pemahaman konsep di sekolah.
Pada Develop or Prototyping Phase telah didesain instrumen five-tier multiplechoice pada materi gerak parabola. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteriasangat baik. Hasil uji validitas instrumen diperoleh secara keseluruhan dengankategori validitas tinggi. Hasil uji kepraktisan one to one diperoleh nilai rata-ratasebesar 84,55 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji coba soal diperoleh bahwainstrumen valid, reliabel, serta memiliki tingkat kesukaran dan daya beda yang baik.Jadi, disimpulkan bahwa instrumen five-tier multiple choice pada materi gerakparabola valid, praktis, dan memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dandaya beda yang baik dalam menilai pemahaman konsep siswa pada materi gerakparabola.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:12
Last Modified: 16 Jul 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item
View Item