Sari, Aprilia Novita (2018) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (SISFO) SMKN 1 Kota Solok Menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_APRILIA_NOVITA_SARI_1302882_2704_2018.pdf [thumbnail of B1_05_APRILIA_NOVITA_SARI_1302882_2704_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_APRILIA_NOVITA_SARI_1302882_2704_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna mengenai sistem informasi yang telah diterapkan di SMKN 1 Kota Solok. Serta untuk mengetahui kontribusi tangibles, reliabillity, responsiveness, assurance dan empathy sebagai bagian dari metode SERVQUAL terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi (SISFO) di SMKN 1 Kota Solok. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisa pengaruh pengguna layanan Sistem Informasi terhadap tingkat kepuasan penggunaan menggunakan metode Service Quality. Dan untuk menilai tingkat kepuasan pengguna akhir menggunakan metode service quality (SERVQUAL).
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa sebagai end-user dari Sistem Informasi (SISFO) di SMKN 1 Kota Solok. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif, kemudian dilakukan analisis deskriptif, analisis induktif, regresi berganda dan uji hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan: variabel tangibles, reliabillity, responsiveness, assurance dan empathy secara bersama sama berkontribusi yang signifikan sebesar 61,6% terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi (SISFO) di SMKN 1 Kota Solok. Jadi dapat disimpulkan faktor tangibles, reliabillity, responsiveness, assurance dan empathy memiliki kontribusi terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi (SISFO). Apabila kualitas dari Sistem Informasi (SISFO) di SMKN 1 Kota Solok yang di lihat dari kelima faktor tangibles, reliabillity, responsiveness, assurance dan empathy ditingkatkan maka kepuasan pengguna akhir juga akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15512 |