Perbedaan Motivasi Berprestasi Siswa Jurusan IPA dan IPS di SMA Adabiah 2 Padang.

Husna, Silma Ismul (2014) Perbedaan Motivasi Berprestasi Siswa Jurusan IPA dan IPS di SMA Adabiah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SILMA_ISMUL_HUSNA_17258_4048_2014.pdf] Text
B1_5_SILMA_ISMUL_HUSNA_17258_4048_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan keinginan yang kuat untuk mencapaikeberhasilan dalam pekerjaan yang ditandai dengan kepedulian pada keunggulandan pelaksanaan tugas yang optimal berdasarkan perhitungan yang optimal. Faktadilapangan menunjukan fenomena yang berkembang bahwa adanya siswa IPAdan IPS yang kurang bersemangat daalm belajar, kurang merespon pertanyaanmaupun tugas-tugas yang diberikan guru, serta cenderung tidak memilikiprogram-program yang jelas dalam penentuan masa depan. Dalam hal ini peranguru pembimbing sangat dibutuhkan untuk bisa mengembangkan motivasiberprestasi siswa supaya siswa bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya.Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif komparatif.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang sebanyak333 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Proportional random samplingdengan sampel 77 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket mengenaimotivasi berprestasi. Dengan menggunakan mean dan standar deviasi, Untukmenguji perbedaan digunakan statistik parametrik yaitu uji t.Hasil penelitian menunjukkan secara umum: 1) Motivasi berprestasi siswa IPAsecara keseluruhan berada pada kategori sedang dilihat dari beberapa sub variabelyaitu berani mengambil resiko moderat, menghendaki umpan balik dengan segera,keberhasilan diperhitungkan secara teliti dan menyatu dengan tugas. Dimana padasiswa IPA mempunyai persentase skor lebih tinggi dibandingkan dengan siswaIPS (2) Motivasi berprestasi siswa IPS secara keseluruhan juga berada padakategori sedang yang dilihat dari beberapa sub variabel yaitu berani mengambilresiko moderat, mengehendaki umpan balik dengan segera, keberhasilandiperhitungkan secara teliti dan menyatu dengan tugas. Dimana persentase skorsiswa IPS masih dibawah siwa IPA (3) Dari uji beda diketahui bahwa terdapatperbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi siswa IPA dan siswa IPS.Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada siswa jurusan IPA dansiswa jurusan IPS untuk dapat meningkatkan motivasi berprestasinya agar dapatmengembangkan potensi lebih optimal. Kepada guru pembimbing agar dapatmembimbing dan memotivasi siswa dalam mengembangkan motivasi berprestasisiswanya melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling seperti layananinformasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok danlayanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI SISWA, BERPRESTASI SISWA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:12
Last Modified: 16 Jul 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item
View Item