Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Video

Anggraini., Amelia (2015) Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Video. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AMELIA_ANGGRAINI_1105559_4836_2015.pdf] Text
B1_5_AMELIA_ANGGRAINI_1105559_4836_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan keyakinan dalam jiwa bahwa tantangan hidup
apapun harus dihadapi dengan berbuat sesuatu. Orang yang percaya diri selalu
berusaha untuk melakukan sesuatu dengan baik dan tidak gentar dengan tantangan
yang melanda. Dapat dikatakan bahwa, orang sukses adalah orang yang memiliki
kepercayaan diri yang baik. Namun pada kenyataannya, gejala ketidakpercayaan diri
masih terus dialami sebagian orang yang tentunya akan menghambat kesuksesan
orang tersebut. Berdasarkan fenomena yang ada di SMK N 2 Padang menunjukkan
bahwa masih adanya siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah sehingga
tidak mampu untuk mengemukakan pendapat, berani tampil, ragu dengan kemampuan
yang dimiliki, takut salah, dan berbagai hal lain yang diidentiikasi sebagai
ketidakpercayaan diri. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan media video,
diharapkan kepercayaan diri siswa akan meningkat sehingga bisa mengembangkan
kemampuan diri dan sosialnya dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahi keberhasilan layanan bimbingan kelompok dengan media video untuk
meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy-Eksperimen dengan teknik
The One Group Pre-Test and Post-Test Design. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas X C 3 SMK N 2 Padang yakni 10 orang siswa, dengan pertimbangan siswa
tersebut memiliki kepercayaan diri sedang, rendah dan sangat rendah. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Analisis data
menggunakan teknik Wilcoxon Signed Range Test yang dibantu dengan program SPSS
versi 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri siswa sebelum
diberikan perlakuan berada pada kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan
berada pada kategori sedang. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara
tingkat kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Asymp. Sig. (2-
tailed yakni 0,005 < α 0,05 artinya hipotesis diterima. Hal ini berarti terjadi
peningkatan kepercayaan diri setelah diberi perlakuan layanan bimbingan kelompok
dengan media video. Oleh karena itu perlu upaya pengembangan kepercayaan diri
lebih lanjut melalui layanan bimbingan dan konseling, terutama layanan bimbingan
kelompok dengan media video.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Layanan Bimbingan Kelompok, Video.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:12
Last Modified: 16 Jul 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15508

Actions (login required)

View Item
View Item