Agustila, AmalyaAmalya (2014) Pengaruh Penggunaan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AMALYA_AGUSTILA_96918_2196_2014.pdf [thumbnail of B1_5_AMALYA_AGUSTILA_96918_2196_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AMALYA_AGUSTILA_96918_2196_2014.pdf
Download (641kB)
Abstract
Penanaman nilai karakter penting dilakukan dalam pembelajaran. Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran selama ini belum optimal sehingga hasil belajar siswa belum mencapai nilai KKM, salah satu alternatif untuk mengintegrasikan nilai karakter adalah melalui perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran fisika dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 15 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu. Rancangan Randomized Control Group Only Design adalah semua siswa kelas X SMA N 15 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X2 dan kelas X3. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk hasil belajar ranah kognitif, format observasi untuk hasil belajar ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk hasil belajar ranah psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata belajar siswa dari ketiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor menunjukan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran fisika dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa. Hasil ini terlihat dari tingginya rata-rata hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran fisika yang terintegrasikan nilai pendidika karakter dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor siswa yang menggunakan bahan ajar yang biasa digunakan disekolah. Jadi, hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran fiska dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter pada konsep Listrik Dinamis terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 15 Padang dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:35 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15506 |