Alnoferi, Alnoferi (2014) Hubungan Lingkungan Sosial Emosional dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa: Studi Deskriptif Korelasional terhadap Mahasiswa BK FIP UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ALNOFERI_96106_4547_2014.pdf [thumbnail of B1_5_ALNOFERI_96106_4547_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ALNOFERI_96106_4547_2014.pdf
Download (763kB)
Abstract
Konsentrasi belajar mahasiswa dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor tersebut adalah lingkungan sosial emosional yang dimiliki oleh mahasiswa. Konsentrasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh lingkungan sosial emosional mahasiswa dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan dosen. Fenomena yang terjadi di lapangan mahasiswa kurang memiliki konsentrasi dalam belajar, dapat dilihat dari masih ada mahasiswa yang tidak akrab dan besikap acuh tak acuh dengan teman-teman yang mengikuti kuliah dijurusan BK FIP UNP sehinga sulit menyesuaikan diri. Selanjutnya ada mahasiswa yang takut menemui dosen karena tidak ada hubungan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan sosial emosional dengan konsentrasi belajar mahasiswa Jurusan BK FIP UNP. Jenis penelitian ini tergolong pada deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan BK FIP UNP angkatan tahun 2010, 2011, 2012 dan 2013 sebanyak 579 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak 86 mahasiswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution for windows version 20. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan sosial emosional yang dimiliki mahasiswa jurusan BK FIP UNP berada pada kategori cukup baik, (2) konsentrasi belajar mahasiswa yang dilakukan mahasiswa jurusan BK FIP UNP berada kategori cukup konsentrasi. (3)Terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial emosional dengan konsentrasi belajar mahasiswa jurusan BK FIP UNP dengan koefisien korelasi 0,376 interprestasi koefisien korelasi memilki tingkat hubungan yang rendah. Pearson correlation 0,097 taraf tidak signifikan artinya kekuatan hubungan rendah. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa diharapkan dapat membina hubungan lingkungan sosial emosional untuk meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa dengan cara mempersiapkan diri dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15498 |