Triyulianis, Shintya Tias (2019) Kontribusi Komunikasi Interpersonal terhadap Penyesuaian Diri Siswa di SMK Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SHINTYA_TIAS_TRIYULIANIS_15006046_5960_2019.pdf [thumbnail of B1_5_SHINTYA_TIAS_TRIYULIANIS_15006046_5960_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SHINTYA_TIAS_TRIYULIANIS_15006046_5960_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penyesuaian diri adalah proses yang penting untuk mencapai keseimbangandiri dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan lingkungannya. Keefektifanpenyesuaian diri akan menentukan tujuan yang akan dicapai. Kenyataannya masihbanyak siswa yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan baik. Hal ini dilatarbelakangi oleh komunikasi interpersonal yang merupakan salah satu faktor yangdiduga mempengaruhi penyesuaian diri siswa. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan: 1) komunikasi interpersonal, 2) penyesuaian diri, dan 3) kontribusikomunikasi interpersonal terhadap penyesuaian diri siswa.Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatankuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri 10 Padang tahun ajaran2018/2019 dengan jumlah 400 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200siswa yang terdiri dari kelas X dan XI, yang dipilih dengan teknik stratified randomsampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan mode skalaLikert. Data di analisis dengan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana.Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa: 1) Komunikasi interpersonalsiswa SMK N 10 Padang memiliki tingkat komunikasi interpersonal yang tinggi. 2)Penyesuaian diri siswa SMK N 10 Padang memiliki tingkat penyesuaian diri yangcukup baik. 3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara komunikasi interpersonaldengan penyesuaian diri siswa SMK Negeri 10 Padang yaitu sebesar 13,9%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMUNIKASI INTERPERSONAL, PENYESUAIAN DIRI SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:34 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15493 |