Lianty, Fransiska (2012) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah dengan Alat Peraga di Kelas II SD Fransiskus Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_FRANSISCA_LIANTY_50706_2331_2012.pdf [thumbnail of B1_6_FRANSISCA_LIANTY_50706_2331_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_FRANSISCA_LIANTY_50706_2331_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam penyampaian pembelajaran konsep guru belum menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi, disebabkan alat peraga yang terbatas, walaupun ada alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran, guru kurang mengerti cara menggunakannya. Sehingga siswa sulit memahami konsep-konsep perkalian bilangan cacah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka digunakan alat peraga kelereng dalam pembelajaran perkalian bilangan cacah yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep perkalian bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar perkalian bilangan cacah dengan alat peraga di kelas II SD Fransiskus Kecamatan Padang Barat Kota Padang.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Fransiskus Padang yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu yang terdiri dari II siklus yaitu siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Sedangkan alat pengumpul data berupa lembar pengamatan, lembar observasi, LKS dan lembar tes.
Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga kelereng dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran perkalian bilangan cacah di kelas II SD Fransiskus Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Peningkatan ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa tiap siklus. Rata-rata nilai siklus I yaitu 60,5 sedangkan rata-rata siklus II meningkat menjadi 78,5.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:44 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15488 |